suara love bird, jenis love bird, jual love bird, kicau mania love bird, penangkaran love bird, lovebird lutino, ternak love bird, lovebird juara

Tips Membuat Kandang Love Bird Yang Benar

Love Bird CommunityUntuk memmbuat kandang Love Bird harus diperhatikan dengan baik oleh para peternak Lovebird. Sebab dengan kandang yang sesuai akan menjamin keamanan dan keselamatan Lovebird  kita. Ada 2 pilihan yang bisa kita ambil untuk menyiapakannya kandang, yaitu membeli  kandang lovebird  buatan pabrik yang banyak di jual di toko-toko yang menjual alat-alat breeding atau kita bisa membuat kandang Lovebird sendiri. Berikut ini kami akan menyajikan tips membuat kandang lovebird.



Menentukan ukuran kandang yang akan kita buat

Ukuran kandang disesuaikan dengan jumlah lovebird yang akan kita masukkan. Semakin banyak burung Lovebird yang kita masukan maka semakin leluasa kandang Lovebird yang kita buat. Hindari membuat kandang yang kecil kemudian di isi burung yang banyak atau tidak sesuai karena akan menjadikan perkelahian diantara Lovebird.

Perhatikan bahan untuk membuat kandang Lovebird

Material yang kita pakai harus bagus dan tahan gigitan Lovebird, maka kita siapkan material yang kokoh dan kuat seperti Galvanum, besi, kawat kuas, kayu keras dan lain sebagainya. Tentunya bahan material ini sekaligus tidak akan rusak oleh tikus, rayap, semut, kecoak dan lain-lain.

Buatkan tempat kotoran Lovebird

Tempat kotoran yang kita buat kita rancang di bawah sangkar Lovebird supaya lebih praktis dalam membersihkannnya karena kalau kandang tidak dilengkapi tempat kotoran maka kita harus sering memasukkan tangan untuk membersihkan  kandang dan ini akan berpengaruh terhadap ketenangan Lovebird.

Sediakan tempat makan dan minum Lovebird

Setiap sepasang Lovebird bagusnya disiapkan 1 tempat makan dan 1 tempat minum dan apabila dalam sangkar atau kandang ada 3 pasang Lovebird maka siapkan 3 tempat makan dan 3 tempat minum. Tempatkan tempat makan dan minum yang strategis sehingga Lovebird dapat makan, minum, bergerak dan masuk glodok dengan nyaman.
Buatlah 2 jenis pintu kandang
  • Pintu pertama dibuat yang cukup untuk tangan kita tidak terlalu besar dan tidak sempit, fungsi pintu ini untuk memasukkan dan mengeluarkan Lovebird.
  • Pintu kedua merupakan tempat memasukkan kotak glodok Lovebird, Buatlah sekiranya cukup untuk memasukkan dan mengeluarkan glodok. Jangan gunakan pintu ini ketika Lovebird ada didalam untuk menghindari Lovebird terbang keluar sangkar. Kedua jenis pintu yang kita buat lengkapi dengan kancing pengaman.

Membuat  sangkar atau  kandang dengan memperhatikan keselamatan Lovebird

Disini yang harus kita perhatikan adalah faktor keamanan Lovebird misalnya menghindari ujung besi atau kawat yang menonjol ke dalam untuk mencegah Lovebird terluka tergores ujung kawat atau besi. Terakhir kali kita sisir dan raba dalam kandang terutama pojok-pojok kandang jika ada sesuatu yang sekiranya membahayakan burung maka kita hilangkan dahulu.

Semoga bermanfaat, Salam Love Bird Community

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Membuat Kandang Love Bird Yang Benar

0 komentar:

Post a Comment