suara love bird, jenis love bird, jual love bird, kicau mania love bird, penangkaran love bird, lovebird lutino, ternak love bird, lovebird juara

Tips Agar Love Bird Tidak Lepas Dari Sangkar

Love Bird Community, adakalanya kita kurang hati-hati ketika kita sedang melakukan perawatan terhadap lovebird sehingga menyebabkan burung tersebut lepas dari sangkar. Bila lovebird sudah jinak, keluar dari sangkar bukanlah masalah serius. Tetapi bila lovebird belum jinak maka akan menjadi musibah. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan lovebird lepas dari sangkar, antara lain:

Faktor cantelan, gantungan, dan kerangka atau jeruji sangkar

Biasanya dapat menyebabkan sangkar jatuh dan akhirnya burung menjadi terlepas. Cara pencegahannya antara lain:
  • Perhatikan cantelan pada sangkar, baik mur dan bautnya pastikan sudah terpasang kencang.
  • Selalu periksa setiap hari kalau mur baut kendor, karena bisa saja tertiup angin dan menyebabkan sangkar bergoyang goyang dan jatuh
  • Perhatikan juga paku tempat cantolan. Bila menancap pada kayu pastikan tidak keropos sehingga mudah lepas. Dan paku masih bagus tidak aus atau terlalu berkarat.
  • Untuk sangkar berbentuk kotak apabila mur dan baut kendor akan lebih mudah terlihat dari posisi sangkar yang sedikit atau banyak memutar. Sedangkan pada sangkar melingkar biasanya lebih susah namun, dengan pengecekan setiap hari akan terlihat kekendoran mur dan bautnya.
  • Seringkali sangkar jatuh ketika kita angkat untuk dipindahkan. Apabila kita menggunakan tangan langsung kita dapat mengira-ngira posisi yang pas saat mengangkat sangkar. Sedangkan bila kita menggunakan alat bantu, perhatikan beban sangkar dan kekuatan alat tersebut untuk menahan sangkar. Sebaiknya dilakukan uji coba dahulu dengan ketinggian yang secukupnya.
  • Ketika menggantung sangkar seringkali sangkar jatuh karena tertiup angin atau terkena goncangan yang tak sengaja. Maka sebaiknya periksa juga cantelan kandang yang menumpang di ujung cantelan. Baik penempatan posisi dan kekuatan cantelan.
  • Kerangka sangkar pada burung lovebird kadang seringkali dipatuk-patuk sehingga sangkar yang tidak terbuat dari besi sebaiknya selalu dicek setiap hari.

Faktor pintu sangkar

  • Pada saat mengganti air minum ataupun makanan pada burung, pintu sangkar yang tidak dapat menutup otomatis dapat menyebabkan burung lepas. Pencegahannya yaitu dengan membuatkan engsel atau membuat pintu selicin mungkin dapat menutup sendiri. Dapat pula ditambahkan kancingan agar pintu tidak mudah dibuka burung. Dapat pula ditambahkan beban pada pintu sehingga pintu dapat melorot sendiri (pintu geser naik turun) sehingga dapat menutup sendiri.
  • Pintu relatif lebar seringkali menyebabkan burung dapat melarikan diri di sela sela tangan dengan pintu pada saat kita mengganti makanan atau air minum. Pencegahannya adalah dengan memindahkan burung terlebih dahulu sebelum mengganti makanan seperti pada saat mandi sehingga dipindahkan kedalam karamba. Atau bila cara memindahkan burung tidak dapat dilakukan maka kita dapat mengganti makanan dan minuman dengan membawa sangkar ke ruangan yang tertutup, sehingga apabila misalkan burung lepas dapat kita tangkap kembali.

Faktor dasar sangkar

Dasar sangkar yang berbahan seng atau papan dapat melorot sewaktu di pindahkan ataupun sengaja digeser oleh burung. Hal ini dapat memberikan kesempatan burung meloloskan diri, maka pencegahannya adalah dengan memberikan pengunci atau kancing agar tidak dapat melorot atau membuka sendiri.

Faktor Kerodong

Kadang kerodong tersangkut pada pintu sangkar, hal ini dapat menyebabkan burung terlepas. Hal ini sebaiknya pada saat pengangkatan kerodong, kita memperhatikan bagian pintu sangkar sudah terkunci atau kita tahan dengan tangan.

Faktor Kesalahan Manusia

Beberapa kesalahan yang sering diperbuat oleh manusia diantaranya:
  • Meletakkan sangkar disembarang tempat. Perilaku sembarangan dapat mengundang bahaya misalkan adanya predator seperti kucing ataupun serangan binatang pengganggu seperti semut.
  • Menggantung dan menurunkan sangkar hanya dengan satu tangan, sebaiknya lakukan dengan dua tangan
  • Membawa burung dengan motor dan hanya dipegang bagian cantelannya. Sebaiknya bawa dengan diikat pada motor atau pada badan sehingga mirip rangsel.
  • Salah posisi memegang burung, pelajari dulu cara memegang burung dengan meletakan kepala di sela-sela jari sehingga burung tidak mudah terlepas tapi juga tidak tercekik. 
Kesemua kesalahan tersebut dapat kita hindari dengan sikap kehati-hatian dan kecermatan agar burung kesayangan tidak terbang hilang entah kemana. Baca juga Tips Membuat Kandang Love Bird Yang Benar

Semoga Bermanfaat, Salam Love Bird Community

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Agar Love Bird Tidak Lepas Dari Sangkar

0 komentar:

Post a Comment