suara love bird, jenis love bird, jual love bird, kicau mania love bird, penangkaran love bird, lovebird lutino, ternak love bird, lovebird juara

Mengenal Love Bird Cantik Lutino Mata Merah


Love Bird Community,- Lovebird Lutino merupakan jenis mutasi dari kawin silang beraneka ragam lovebird serta mutasi rangkaian kelamin resesif. Indukan dari Lovebird Lutino membawa gen dari lutino maupun albino didalam kromoson kelaminnya. Perkawinan tersebut memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan caranya juga cukup rumit. Tetapi jika kita mengingat harga yang ditawarkan, maka akan sepadan dengan yang kita lakukan. Anakannya saja yg baru memiliki umur dua bulan harganya dapat hingga Rp. 2.000.000,-. pada waktu Lutino baru muncul.



Burung Lovebird dikenal mempunyai bunyi mengocek yg mengeroll dan panjang, serta mempunyai warna-warni  bulu yang begitu indah nan cantik. Tinggi rendahnya harga Burung Lovebird sangat dipengaruhi oleh keindahan bulu dan warna-warninya. Begitupun dengan Lovebird Lutino, yang juga memiliki warna-warni bulu yang menawan. Ciri dari Lovebird Lutino ialah mata yg warnanya merah dgn kacamata dan memiliki bulu yg berwarna kuning dan merah aja.

Sebagaimana disebut sebelumnya bahwa harga Lovebird Lutino ini memiliki harga yang tinggi yaitu Rp. 2.000.000,-, tapi itu untuk yang mendapat great A ya. Ciri-ciri Lovebird Lutino yang mendapat great A adalah mempunyai warna merah yg tidak pecah, jelas dan penuh. Ciri lainnya adalah memiliki  tubuh proposional dan ukuran badan dibanding kakinya itu seimbang. Plus harus memiliki mata yang putih bersih warnanya serta harus tebal juga.

Bila sobat mau beli Lovebird Lutino, pilih yang mempunyai paruh yg berpangkal lebar dan lehernya panjang padat serta berisi. Mengapa? Karena jenis burung ini yang memiliki ciri-ciri spt disebut diatas umumnya mempunyai power suara yg baik. Dengan memiliki burung dgn spesifikasi tersebut adalah sangat cocok untuk dilombakan.

Asal Muasal love Bird Lutino

Saat ini love bird lutini adalah salah satu jenis Lovebird yang masih menjadi unggulan dengan warnanya yang cantik dan konon kicaunya yang berkelas. Memelihara burung kicau memang sangat menyenangkan, dan untuk memelihara burung kicau bisa dilakukan oleh siapa saja. Burung kicau merupakan hobi yang tiada habisnya Seiring dengan berkembangnya waktu bahkan banyak yang telah membudidayakannya. Burung jenis lovebird yang satu ini memang menjadi primadona saat ini dibanding dengan jenis burung lovebird lainnya. Sedangkan untuk burung lovebird lutino ini merupakan hasil dari budidaya dengan mengawainkan silang antara beraneka jenis lovebird yang disertai mutasi rangkaian kelamin resesif. Burung lovebird lutino memiliki indukan yang mampu menyimpan kromoson kelaminnya dengan membawa gen dari lutino ataupun albino.

Untuk mendapatkan lovebird lutino memang tidak semudah seperti perkawinan silang lainnya, dengan memakan waktu yang sangat lama dan juga sangat ribet dan memerlukan banyak keahlian untuk melakukannya. Dengan hal tersebut tentunya hasilnya akan sepadan dengan kesusahan untuk mendapatkan lovebird lutino itu sendiri.

Peluang usaha didunia perkicauan terbuka dengan adanya burung lovebird lutino, karena harga jual tinggi dan banyak diminati para penghoby burung kicau, dan juga burung ini cocok untuk hiasan rumah, jadi jika kicau buruk lovebird lutino masih bisa tertolong dengan warnanya yang indah.

Untuk ciri lain yang menandakan bahwa burung lovebird lutino yang bagus adalah memiliki pangkal paruh yang lebar dengan leher panjang,padat, dan berisi. Jika Anda memiliki burung lovebird lutino dengan ciri tersebut tentunya akan menghasilkan power suara yg baik. Dengan semua modal yang dimiliki mulai warna dan juga power suara yang kuat bukan tidak mungkin burung lovebird Anda bisa mengikuti lomba dan bahkan juara.

Cara Merawat Love Bird Lutino

Untuk perawatan jenis burung ini memang tidak semudah jenis burung lovebird lainnya, untuk merawatnya dan menjadikannya selalu fit dan aktif ngeroll maka dibutuhkan ketelitian dan penangan yang baik. Dengan hasil persilangan yang rumit burung lovebird lutino dilahirkan, tentunya karena persilangan perkawinan yang tidak memiliki vitalitas yang baik akan menjadikan keturunannya kelainan. lovebird lutino memiliki kelainan pigmen, tapi dengan hal tersebut burung ini menjadi sangat indah pada warna bulu disemua tubuhnya.

Burung lovebird lutino juga mudah terserang penyakit, untuk itu sang pemilik harus rajin untuk membersihakan kandang dan juga tempat minumnya, tidak boleh kelaparan dan juga kehausan karena burung ini sangat rentan dan sensitif, mudah stress.

Untuk makanan, burung ini juga menyantap makanan seperti layaknya burung lovebird lainnya. Untuk penjemuran seharusnya dilakukan dengan minamal 3 hari sekali dengan jangka waktu yang baik untuk menjemur pada jam 08.00-10-00, untuk menjemurnya cukup dengan waktu maksimal 15 menit, jaga jangan sampai kelamaan kepanasan karena dapat membuat burung ini jatuh sakit.
Kunci untuk merawat burung ini adalah sang pemilik sendiri, tentunya penghoby burung sendirilah yang mengetahui seperti apa karakter burung peliharaannya.
Baca juga : Mengenal love bird blorok

Galeri Love Bird Lutino 

 

 








 Semoga Bermanfaat, Salam love Bird Community

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Love Bird Cantik Lutino Mata Merah

2 komentar:

  1. Ijin mampir di blog sahabat yang keren ini...

    sharing seputar artikel burungnya sangat bermanfaat, terus update informasi terbaru ya...

    jangan lupa kunjungi juga blogku: lovebird blorok

    ReplyDelete
  2. Nice artikel mas, bermanfaat sekali untuk newbie seperti saya ini burunglovebird.net

    ReplyDelete