suara love bird, jenis love bird, jual love bird, kicau mania love bird, penangkaran love bird, lovebird lutino, ternak love bird, lovebird juara

Cara Akurat Membedakan Love Bird Jantan dan Betina

Perbedaan Love Bird Jantan dan Betina

Love Bird Community, - Sebenarnya perbedaan Love Bird jantan dan betina itu sangat mudah di identifikasi, dan membedakan jenis kelamin pada burung peliharaan kesayangan adalah langkah awal sebelum memelihara burung tersebut untuk dijadikan peliharaan. Hal ini sangat penting untuk dimengerti semua pecinta burung kicau sebelum memulai untuk meminangnya jika akan membeli. Masalah berlaku untuk semua jenis burung apapun, tahap awal kita dituntut untuk mengerti jenis kelamin pada burung kesayangan kita, namun kali ini saya akan membahas secara rinci hanya untuk jenis burung lovebird saja.
Banyak yang memiliki cara sendiri untu membedakan jenis kelamin pada burung lovebird kacamata, karena banyak perbedaan dan pendapat tentang ciri khusus untuk membedakan burung cinta tersebut. Terkait masalah ini saya berinisiatif untuk memberikan ciri perbedaan Love Bird jantan dan betina akurat 90% pada postingan kali ini.
 
 

Untuk membedakan jenis kelamin pada lovebird merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah, masalahnya lovebird mempunyai banyak jenisnya. Jadi untuk jenis tertentu terkadang lebih mudah dan jenis lainnya terkadang juga lebih sulit. Dan diantara yang kedua itu yang paling susah adalah pada saat umur lovebird masih menginjak anakan, karena bentuk tubuh belum terlihat secara signifikan, cara yang digunakan membedakan kelamin pada lovebird banyak yang menggunakan 2 cara, yaitu : ilmiah dan cara sederhana.

Perbedaan lovebird Jantan dan betina  yang berdasarkan penampakan luarnya saja (untuk jenis burung secara umum) dibedakan menjadi tiga kelompok lovebird. Ketiga kelompok yang dimaksudkan adalah sebagai berikut :
Kelompok Lovebird dimorfik (jenis kelaminnya sangat jelas dan dapat dibedakan), 
Kelompok Lovebird  intermediate (jenis kelaminnya agak sulit dapat dibedakan dari penampilan burung), 
Kelompok Lovebird kacamata (perbedaan jenis kelaminnya tidak konsisten).
 
Namun dengan catatan ketiga kelompok tersebut bisa dibedakan hanya dengan melihat tampilan luarnya saja, melihat tampilan luar merupakan solusi untuk membedakan jenis kelamin betina atau jantan pada semua jenis burung Lovebird. Untuk kelompok jenis burung lovebird dimorfik, yaitu antara lain: jenis Lovebird Abisinia (Agapornis taranta), jenis Lovebird Madagaskar (Agapornis cana) dan jenis Lovebird muka merah (Agapornis pullaria), sangat jelas dan dapat dibedakan antara jenis kelamin jantan dan betina.

Dan untuk kelompok lainnya seperti; jenis Lovebird Black Collared (Agapornis swinderniana), Membedakan antara jenis kelamin betina dan jantan sangat sulit dilakukan dengan melihat tampilan luarnya saja, meskipun pada umumnya lovebird betina mempunyai bulu di bagian kepala dengan warna yang lebih pucat.

Sekarang yang akan saya bahas adalah Perbedaan lovebird Jantan dan betina untuk ke empat jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok lovebird kacamata? 4 jenis tersebut antara lain adalah: lovebird kacamata/lovebird nyasa (Agapornis lilianae), lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), lovebird topeng (Agapornis personata) dan lovebird fischer (Agapornis ficheri). Untuk ke empat jenis burung lovebird kacamata ini memang agak sulit untuk membedakan jenis kelaminnya, dengan tampilan yang nyaris sama pula semakin susah untuk diidentifikasi jenis kelaminnya. Memang pada ke empat jenis ini memiliki perbedaan berat badan antara betina dan jantan, untuk lovebird betina mempunyai ciri keunikan sendiri yaitu ketika musim berkembang biak akan membawa bahan sarang di bawah bulu tunggir dan bulu punggung bagian bawah.

Ciri-Ciri Love Bird Jantan dan Betina

Ciri-ciri dan perbedaan untuk membedakan jenis kelamin lovebird betina dan jantan disini adalah dengan cara melihat tampilan luar dan karakter/tingkah laku. Cara tersebut banyak dipakai oleh para penangkar burung professional, karena cara dianggap sebgai cara yang paling signifikan tingkat akurasinya mencapai 90%. Dibawah ini merupakan ciri-ciri untuk membedakan jenis kelamin pada burung lovebird kacamata :

Bentuk Ekor

Paling mudah membedakan Love Bird Janta dan Betina yaitu dengan melihat ekornya, Jika jantan ujung ekornya membentuk huruf V atau lancip, sedangkan betina bentuk ekornya datar seperti merpati. 


Bentuk Kaki

Bentuk kaki ini bisa dilihat ketika Love Bird sedang bertengger. posisi kaki betina lebih melebar kesamping atau ngangkang, sedangkan jantan merapat.
 

Bentuk Paruh

Bentuk paruh Love Bird bisa dilihat dari dekat agar jelas. Bentuk paruh Love Bird jantan biasanya lebih runcing dari atas ke bawah dan terlihat kering. Sedangkan Love Bird betina akan lebih besar dari pangkalnya.

Bentuk Sayap

Love Bird jantan ujung sayap lebih sering terlihat dalam posisi menyilang atau merapat sedangkan Love Bird berina dalam posisi melebar dan dan terbuka.
 

Bentuk Kepala

Bentuk kepala jantan kebanyakan lebih kecil dan bulat tetapi rata dibagian atas. Sedangkan pada love bird betina terlihat lebih besar dan menonjol secara umum.
 

Perbedaan Love Bird Jantan dan Betina Pada Prilakunya

Saat Birahi

Pada saat Love Bird sudah berjodoh biasanya kepala Love Bird jantan akan mengangguk dan bergetar seakan ingin menyuapi anaknya. Love bird jantan akan melolohkanya pada Love Bird betina

Membawa Bahan Sarang

Love Bird betina akan terlihat rajin mengangkut sarang ketika menjelang akan bertelur, dari pada jantanya. Ini bisa menjadi dasar pertimbagan kita.

Menggigit Objek Dari Dalam Kandangnya

Love bird betina terlihat lebih agresif didalam kandangnya. Ini mungkin normal karena sikap keibuanya yang lebih agresif melindungi sarang. Terbukti ketika tangan kita masuk kedalam sarangnya, pasti Love Bird betina akan mematuknya.
 
Ciri-ciri yang dijelaskan diatas merupakan ciri-ciri dari pengalaman peternak Love Bird, dan keakuratanya masih 90%, jika kita ingin benar-benar akurat salah satu jalanya adalah tes DNA burung, ini baru paling valid 100%, karena memang burung paruh bengkok lebih susah. 
Semoga bermanfaat, Salam Love Bird Community

 



 



 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Akurat Membedakan Love Bird Jantan dan Betina

2 komentar:

  1. terimakasih informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga menjadikan ladang amal dan berkah anda, salam dari kami sesama pecinta love bird




    lovebird Mania

    ReplyDelete